Sunday, August 5, 2018

Kesimpulan : Apakah Itu Benda Seni?


Bila kita simpulkan berbagai pendapat dari para ahli tersebut, maka cara pandang kita terhadap seni bisa kita sederhanakan dengan melihat seni sebagai sebuah kreasi manusia. Seni sebagai kreasi tidak terlepas dari adanya creator (seniman) dan appreciator (penikmat).
Kemudian untuk mempermudah dalam memahaminya kita gunakan antonim dari kata tersebut sehingga dapat diketahui poin utama yang menjadi pembeda diantara keduanya, sehingga dengan mudah kita menyusun sebuah definisi. Antonim dari seni adalah bukan seni, sehingga akan terdapat dua golongan benda yakni benda seni dan bukan benda seni.
Lalu apa perbedaan antara benda seni dan benda yang bukan seni?
Suatu benda dapat dikatakan seni apabila benda tersebut dapat merangsang salah satu indra manusia dan diproses lebih dominan melalui instuisi sehingga pikiran dan indra yang lain merasakannya secara imajinatif, arti kata lain dari merasakan secara imajinatif ini sering disebut dengan makna dari sebuah seni.

Berikut contoh tahapannya :
1.    Karya seni diterima oleh salah satu indra
Misal kita mendengarkan musik instrumental My memory
2.    Selanjutnya diproses lebih dominan melalui instuisi
Rangkaian nadanya seolah olah membawa kita ke suasana tertentu. prase suasana tertentu merupakan kegiatan dari intuisi. Atau dengan susana yang digambarkan dalam kata seperti : sedih, romantis, damai, dll.
3.    Pikiran dan Indra yang lain merasakan secara imajinatif :
Sehingga dengan mendengarkan lagu tersebut serasa kita berada di tempat tertentu. Misal, serasa berada di tempat yang yang sejuk (seolah-olah indra perasa merasakan dingin) dan tenang, atau berada di suatu malam yang sepi dan menyendiri di tengah hutan pinus (seolah olah indra penglihatan melihat sebuah suasana), dll. Pada kenyataanya suasana tersebut bersifat imajinatif, karena pada saat anda mendengarkan lagu di atas sebenarnya anda berada di depan laptop atau gadget bukan berada di tempat yang yang sejuk dan tenang apalagi berada di suatu malam yang sepi dan menyendiri di tengah hutan pinus. 

            Contoh lain yang lebih sederhana :


gambar pemandangan
Misal, seorang guru bertanya “anak-anak, gambar apakah ini?”
“gambar pemandangan bu” jawab anak-anak
“ada apa saja disana?” tanya bu guru
“sawah bu!”
“gunung”
“petani”
“gubuk”
“pohon kelapa, bu”
“Bagaimana suasana di sana?” tanya bu guru
“tenang”
“damai”
“udaranya segar bu!”
Jawab anak-anak dengan riang.
Berdasarkan dialog di atas maka
1.    Karya seni diterima oleh salah satu indra
Anak anak melihat gambar dengan indra penglihatan
2.    Selanjutnya diproses lebih dominan melalui instuisi
Intusi mereka bekerja ketika anak anak menjawab pertanyaan bu guru dan menyebutkan gambar pemandangan.
3.    Pikiran dan Indra yang lain merasakan secara imajinatif :
Secara spontan mereka menyebutkan benda yang ada di sana. Seperti sawah, gunung, petani, gubuk, dan pohon kelapa. Bahkan mereka bisa membayangkan suasana yang ada di sana dalam keadaan tenang, damai, dan memiliki udaranya yang segar. Mereka menyebutkan sesuatu yang imajinatif. Karena secara real gambar tersebut hanyalah selembar kertas berwarna, namun karena intuisi bekerja maka sebuah kertas pun bisa memiliki beribu makna.
            Dengan demikian maka benda seni adalah :
“Suatu benda dapat dikatakan seni apabila benda tersebut dapat merangsang salah satu indra manusia dan diproses lebih dominan melalui instuisi sehingga pikiran dan indra yang lain merasakannya secara imajinatif”
            Lalu apakah perbedaan dengan benda yang bukan seni? Simak jawabannya di postingan berikut ini.
Catatan :
Kesimpulan di atas bukanlah sebuah kebenaran mutlak, kesimpulan tersebut bukan dibuat oleh para ahli atau pakar yang berhak membuat sebuah definisi (setidaknya dia seorang ahli seni, seorang Doktor, profesor, atau ahli bahasa). Kesimpulan di atas saya rumuskan sendiri dikarenakan ketidak-puasan dengan berbagai definisi seni menurut para ahli yang terkadang sulit dimengerti berdasarkan keterbatasan ilmu yang saya miliki.



No comments:

Post a Comment

Popular Posts