Sunday, August 5, 2018

Pembagian Alat Musik Idiophone


Idiophone, alat musik yang sumber bunyinya berasal dari badan/konstruksi pembangun alat musik itu sendiri. Idiophone, dibagi menjadi delapan kategori menurut cara membunyikannya.

  • 1. stamping idiophone 
Bambu Hitada
 (alu tumbuk/ditumbukan/dipukulkan) alat musik jenis ini dimainkan dengan cara dipukulkan, contohnya alat musik bambu hitada (Maluku Utara), Pare’e (Sulawesi tengah).
  • 2. stamped idiophone
Pangora
(alas tumbu/ditumbuk/dipukul menggunakan alat) alat musik jenis ini dimainkan dengan cara dipukul, contohnya alat musik bonang (Jawa), pangora (sumatra utara).

  • 3. shaken idiophone 

Cikir
(diguncangkan/digoyangkan) alat musik jenis ini dimainkan dengan cara digoyangkan,  contohnya seperti angklung (Jawa Barat), Butshake (Papua), Cikir (maluku utara).
  • 4. percussion idiophone 
Moko
(Dipukul langsung oleh tangan tanpa menggunakan alat pukul/stick) contohnya seperti alat musik Moko (Nusa tenggara timur).
  • 5. concussion idiophone
Cymbals
(diadu/saling dipukulkan) alat musik ini dimainkan dengan cara saling dipukulkan, contohnya seperti alat musik Cymbals dalam ansamble tanjidor (Betawi).
  • 6. scraped idiophone 
Satong Srek
(digaruk/dikerok) Alat musik jenis ini dimainkan dengan cara digaruk atau dikerok, contohnya alat musik Satong srek (nusa tenggara barat).

  • 7. placked idiophone 
Kalimba
 Dimainkan dengan cara dipetik namun bukan senar, contohnya seperti alat musik kalimba (Afrika) yang dimainkan dengan cara memetik lempengan logam yang terhubung ke kotak resonator, lat musik kalimba disebut juga dengan thumb piano/piano jempol , sementara untuk contoh alat musik tradisional dari Indonesia masih belum penulis temukan.
  • 8. friction idiophone 
glass harmonica
Dimainkan dengan cara digesek namun bukan senar, contohnya seperti alat musik saw intrument (kontemporer), glass harmonica (kontemporer). sementara untuk contoh alat musik tradisional dari Indonesia masih belum penulis temukan.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts