Sunday, August 5, 2018

Ragam Alat Musik Tradisional Indonesia


Saat ini negara Indonesia memiliki 34 provinsi yang tersebar dari ujung barat Sabang hingga ujung timur Merauke, dari utara Miangas hingga selatan Pulau Rote. Perlu diketahui bahwa jumlah provinsi di Indonesia senantiasa berubah dari waktu ke waktu, pada awal kemerdekaan hanya dibagi menjadi 8 provinsi, kemudian dikembangkan menjadi 27 provinsi, dan hingga sekarang sudah terbagi menjadi 34 provinsi.
Di setiap provinsi terdapat alat musik yang khas, namun terdapat pula beberapa alat musik yang sama pada beberapa provinsi yang geografisnya berdekatan, hal ini sangatlah mungkin karena pembagian provinsi di Indonesia bukanlah berdasarkan batas budaya atau batas pernyebaran suku, namun berdasarkan kebijakan dan kebutuhan administratif. sementara alat musik merupakan produk dari budaya, sehingga sangatlah mungkin terdapat alat musik yang sama pada beberapa provinsi yang berdekatan dan memiliki akar budaya yang sama.
Biasanya persamaan alat musik pada provinsi yang berbeda dikarenakan pemekaran daerah baru, contoh provinsi Jawa Barat dan provinsi Banten. Sebelum pemekaran provinsi, Banten merupakan bagian dari provinsi Jawa barat, sehingga produk budaya banten dengan Jawa barat memiliki kemiripan termasuk dalam keragaman alat musiknya.
Dikarenakan banyaknya ragam alat musik tradisional di wilayah Indonesia, oleh karena itu materinya dibuat dalam  modul khusus, silakan klik disini untuk mendownload modul “Alat Musik Tradisional di Berbagai Provinsi Indonesia

No comments:

Post a Comment

Popular Posts