Sunday, August 5, 2018

Unsur Musik

Bila ditanya apakah unsur seni rupa? maka kemungkinan jawabannya akan sama yakni ; titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Namun bila ditanya apakah unsur seni musik? maka masih terasa asing apabila dikatakan bahwa unsur pokok seni musik adalah: SUARA/BUNYI dan DIAM.
Namun demikian adanya, terkadang kita lebih akrab bila dikatakan bahwa unsur seni musik adalah irama, nada, harmoni, melodi, ritme, dan lain sebagainya. Padahal unsur-unsur tersebut hanyalah turunan dari bunyi dan diam.

Unsur musik terdiri dari bunyi dan diam. 
Bunyi, terdiri dari 4 unsur yaitu :
  1. Pitch, merupakan tinggi rendahnya bunyi. ketinggian suara ini ditentukan oleh frekuensi (f) nada tersebut. Semakin besar nilai frekuensinya maka semakin tinggi nadanya. Unsur turunan dari pitch adalah melodi, tangga nada, harmoni, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tinggi rendahnya nada.
  2. Duration, merupakan panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi ditentukan oleh lamanya waktu (s) yang dibutuhkan untuk memainkan bunyi tersebut. Unsur turunan dari duration adalah tempo, nilai ketukan, ritme, pattern, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan panjang pendeknya bunyi.
  3. Amplitude atau intensity, merupakan tingkat keras pelannya bunyi, ditentukan oleh amplitudo. Satuan dari tingkat kekerasan diukur dalam satuan desibel (db). Unsur turunan dari amplitude adalah dinamika, crescendo, decrescendo, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tingkat kekerasan bunyi.
  4. Timbre, merupakan warna suara atau karakter bunyi. Keragaman suara ini ditentukan oleh harmonic series. kita dapat mengenali suara gitar, biola, trumpet, suling, dan lain sebagainya dikarenakan timbre yang berbeda beda. Begitupun suara manusia memiliki timbre yang berbeda beda sehingga kita dapat membedakan suara teman kita walaupun tanpa melihat wajahnya.
Diam, hanya memiliki satu unsur saja yaitu :
  1. Duration. Diam hanya bisa ditentukan lamannya dalam waktu tertentu. tidak ada pitch, amplitude, dan timbre dalam diam.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts