Saturday, February 18, 2023

Struktur Musik/Lagu (2) : FRASA

FRASA    

    Frase/Frasa ialah kalimat dalam musik/lagu seperti halnya bagian kalimat dalam bahasa. Frase terbentuk dari    gabungan motif. Frasa dalam musik berbeda dengan frasa dalam bahasa. Dalam bahasa frasa merupakan potongan-potongan kalimat, sementara dalam musik frasa dianggap sebagai kalimat. Perhatikan contoh di bawah ini :


    

Dalam lagu/musik biasanya terdapat sepasang frasa yang berpasangan, seolah-olah kedua frasa itu saling melengkapi. Frasa dalam musik/lagu terdiri dari :

  1. Frasa proposta, seolah olah frasa ini merupakan kalimat tanya. Contoh "balonku ada lima rupa-rupa warnanya", frasa ini dapat dianggap sebagai frasa proposta karena seolah olah kalimat yang digaris bawahi dapat dilanjutkan menjadi kalimat tanya :  "....rupa-rupa warnanya , lalu warnanya apa saja?", sehingga memerlukan frasa selanjutnya untuk menjawab.

  2. Frasa riposta, seolah olah frasa ini merupakan kalimat jawab. frasa inilah yang menjadi jawaban dari frasa proposta sebelumnya. Jika kalimat tanya diatas"....rupa-rupa warnanya , lalu warnanya apa saja?" maka jawabannya berupa frasa riposta : "hijau kuning kelabu merah muda dan biru"

    Perlu diingat kembali bahwa frasa dalam lagu berbeda dengan frasa pada bahasa. Frasa dianggap semacam kalimat. Frasa dalam lagu biasanya berpasangan, terdiri dari frasa proposta yang seolah-olah bertanya dan frasa riposta yang seolah-olah menjawab.




Popular Posts