Saturday, February 18, 2023

Struktur Musik/Lagu (5) : TEMA



Tema merupakan gagasan pokok tentang suatu hal, contohnya dalam membuat karya seni.. Pada setiap karya seni tentunya mengacu pada sebuah tema, karena ketika berproses dalam membuat karya seni kita akan berangkat dari menentukan tema terlebih dahulu. Dalam membuat lagu ataupun berbagai jenis musik lainnya kita dituntut untuk memiliki sebuah tema. Tema adalah pondasi dari karya yang akan kita buat. Umumnya tema adalah hal pertama yang dicari para penikmat musik. Jika temanya sesuai, maka para apresiator akan dengan senang hati menyimak karya kita.

Pada karya lagu tema adalah gagasan dasar umum yang menjadi landasan sebuah karya musik sebagai hal utama yang secara berulang-ulang dimunculkan lewat motif-motif sehingga membentuk frasa yang secara bertahap akan menceritakan gagasan sampai menjadi cerita yang utuh. 

Dalam karya lagu tema utama biasanya dipecah menjadi tema-tema kecil atau sub tema yang dikenal sebagai periode. Setiap periode memiliki gagasan pokok masing-masing yang akan menceritakan fase demi fase, berperan seperti paragraf dalam karya sastra. Sub tema pada periode tentunya tidak terlepas dari tema utama sebagai dasar dari pengembangan cerita.

Tema dalam lagu sangat beragam, bisa berupa persoalan perasaan, moral, etika, agama, sosial budaya, teknologi, tradisi yang terkait erat dengan masalah kehidupan. Tema juga bisa berupa pandangan pengarang, ide, atau keinginan pengarang dalam menyiasati persoalan yang muncul.

Komponen tema dari sebuah bentuk struktur musik merupakan bagian yang lebih besar dibandingkan dengan motif dan frase. Tema merupakan gabungan dari bentuk ritme, notasi, dan lirik lagu yang digunakan dalam membentuk suatu karya musik yang dikehendaki penciptanya. Tema dari sebuah karya musik dipilih dan ditentukan untuk memberi gambaran cerita secara umum dari isi karya musik tersebut. Sebagai contoh dalam lagu bertemakan kebahagiaan, maka penulis karya musik tersebut akan bercerita tentang hal-hal membahagiakan yang dialami maupun orang-orang yang menjadi sumber kebahagiaan tersebut. Seperti halnya motif nada, motif ketukan, dan gabungan motif nada dan ketukan, peserta didik dapat menerapkan cara-cara tersebut dalam menentukan maupun membuat tema untuk karya musiknya.

Berikut gambaran hubungan antara tema, periode, frasa, dan motif :


 

Popular Posts