Friday, December 28, 2018

Bambu Hitada

Musik merupakan salah satu kesenian yang paling umum digunakan sebagai media hiburan di masyarakat. Alat musik yang digunakan cukup beragam mulai dari perangkat elektronik uyang modern hingga alat musik tradisional yang masih dipertahankan hingga kini. Berikut ini adalah beberapa bentuk seni hiburan yang ada di Indonesia yang masih mempergunakan alat musik tradisional di dalamnya.
Musik Bambu Hitada adalah salah satu kesenian musik tradisional yang berasal dari Maluku Utara. Kesenian musik satu ini biasanya dimainkan secara berkelompok dengan menggunakan berbagai alat musik tradisional yang khas. Musik Bambu Hitada ini merupakan salah satu kesenian tradisional yang cukup terkenal di Maluku Utara, terutama di kalangan masyarakat Halmahera. Dan sering ditampilkan di berbagai acara seperti pesta adat, upacara adat dan lain-lain.
Asal usul Musik Bambu Hitada berasal dari kebiasaan masyarakat pada zaman dahulu yang lebih banyak hidup bersama alam. Alam yang luas tidak hanya membantu mereka dalam bertahan hidup, namun juga menjadi inspirasi dalam menciptakan sesuatu, salah satunya adalah Musik Bambu Hitada ini. Dengan menggabungkan beberapa bahan yang mereka dapatkan dari alam, mereka kemudian menciptakan suatu jenis musik yang khas.
Bagi masyarakat di Halmahera, Musik Bambu Hitada ini dulunya tidak hanya digunakan sebagai hiburan saja, namun juga untuk berkomunikasi dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Hal tersebut merupakan kebiasaan masyarakat pada zaman dahulu yang menggunakan lagu dan musik sebagai media untuk berkomunikasi kepada Tuhan atau leluhur mereka.

Hitada ini. Salah satunya dengan menambahkan berbagai alat musik modern seperti gitar dan biola sebagai pelengkap, namun tidak menggantikan musik aslinya.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Musik Bambu Hitada dimainkan secara berkelompok. Jumlah pemain musik hitada biasanya terdiri dari 7 sampai 13 orang, hal tersebut biasanya disesuaikan dengan keadaan kelompok. Setiap pemain memegang satu alat musik dan kemudian memainkannya sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Dalam pertunjukan Musik Bambu Hitada biasanya dibawakan oleh para pemain musik pria. Adapun wanita dalam pertunjukan tersebut, biasanya bertugas sebagai vokalis. Lagu yang dibawakan biasanya merupakan lagu-lagu adat. Namun ada juga yang menampilkan lagu pop atau modern sebagai kreasi dan variasi agar menarik.
Selain Bambu Hitada juga terdapat alat musik lainnya yang biasa digunakan masyarakat di provinsi Sulawesi Selatan sebagai media hiburan yakni alat musik Pa'pompang yang dapat anda simak pada postingan selanjutnya. Silakan klik disini.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts