Wednesday, January 2, 2019

Keberadaan Musik Dalam Seni Teater dan Tari

Sumber tulisan diambil dari artikel yang dibuat oleh Dody M. Kholid, S.Pd, M.Sn (Dosen seni musik Universitas Pendidikan Indonesia).
Musik adalah salah satu bidang seni yang mengolah bunyi dan jeda/hening sebagai bahan bakunya. Bunyi bukan hanya diolah secara kerangka harmoni dan alur melodi saja, akan tetapi juga tentang pola ritmis, tempo, ekspresi dan jeda atau diam tanpa bunyi merupakan unsur dari pengolahan musik. Musik bukan saja komposisi yang selalu utuh disajikan secara mandiri atau disajikan secara khusus untuk kepentingan musik, akan tetapi musik bisa saja dikolaborasikan dengan cabang seni lainnya. Salah satu bentuknya adalah dengan pengkolaborasian bersama seni peran atau teater, yaitu bentuk pertunjukan panggung dari akhir zaman pertengahan.
Dalam pertunjukan teater maupun Tari, musik sangatlah erat kaitannya, sehingga ada yang menyebutkan pertunjukan teater atau tari dengan didukung aktor dan penari yang baik pun akan masih terasa “hambar” jika tidak didukung oleh penataan musik yang sesuai dengan konteks cerita yang disajikan. Musik pada pertunjukan teater sejak kemunculannya hingga sekarang masih menjadi polemik. Terjadinya polemik dikarenakan pada setiap pembicaraan tentang teater, orang tidak banyak yang menyinggung tentang keberadaan musik dalam teater. Hal ini disebabkan oleh banyaknya orang yang beranggapan bahwa pertunjukkan teater adalah pertunjukan seni peran, yang didalamnya hanya menceritakan tentang satu alur cerita saja. Anggapan seperti itu tentu saja sangat menyempitkan arti teater itu sendiri, karena pada intinya pertunjukan teater adalah pertunjukan dari gabungan antara semua unsur seni ( peran, musik, tari, rupa, sastra ), yang semua itu memerlukan pemikiran dan keselarasan pada naskah yang akan dipentaskan,berbeda halnya dalam pementasan tari
Keberadaan musik pada teater dan tari sangatlah penting, karena selain berpengaruh terhadap aktor dan penari ( emosi aktor dan penari dapat dicapai melalui musik ), juga berpengaruh terhadap emosi penonton dalam menuntun atau mengapresiasi sebuah karya teater atau tari. Musik untuk teater dan tari pada penggarapannya sangatlah bebas bentuknya, dalam arti musik disesuaikan dengan adegan pada naskah. Meskipun demikaian, musik pada teater/tari bukanlah sekedar musik “pelengkap” yang hanya berfungsi sebagai “pengekor” pada naskah. Pada proses penggarapan musik harus selalu ada kesepakatan antara seorang penata musik, sutradara dan pemain tentang kesesuaian musik dengan adegan atau sebaliknya, adegan yang menyesuaikan terhadap musik. Musik pada pertunjukan teater/tari memang bukan untuk disajikan untuk keperluan pementasan musik, melainkan satu kesatuan yang berfungsi sebagai media untuk memperkuat dalam pengungkapan apa yang dimaksud dari naskah yang akan dipentaskan. Salah satu contoh, terdapat sebuah adegan yang tidak bisa atau tidak mungkin digambarkan secara visual oleh aktor atau penari, maka musik yang memungkinkan untuk mengungkapkan atau menggambarkan dalam bahasa musik tentang apa yang dimaksud oleh adegan tersebut, dalam hal ini penata musiklah yang harus berperan.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts